Tips Membuat Vector di Photoshop

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tips membuat vector di photoshop. Perlu saya jelaskan sebelumnya jika ini bukan tutorial namun sekedar tips dan pengalaman yang ingin saya bagi dengan kalian. Mungkin bagi seorang desainer grafis yang handal sudah tidak asing lagi dengan vector, begitupun juga tekniknya. Karena pasar desain sekarang yang dimana mayoritas telah menggunakan desain vector maupun flat tentunya kita sebagai seorang desainer grafis harus mampu untuk bersaing. Desain vector ini sangat populer dan pastinya banyak diminati orang karena desainnya yang begitu keren dan elegan. Dari awalnya objek gambar original lalu disulap menjadi sebuah kartun yang sangat keren. Bagaimana? Menarik bukan?
sumber : flushdesign
Banyak desainer grafis yang membuat vector menggunakan Corel Draw atau Adobe Illustrator, tetapi juga ada yang menggunakan Adobe Photoshop. Apa perbedaannya sih? Untuk hasil sendiri sudah pasti lebih bagus jika menggunakan Corel Draw dan Adobe Illustrator karena basic dari aplikasi tersebut yaitu untuk editing vector, namun menurut saya hasil dari Adobe Photoshop juga tidak kalah bagusnya asal kita mau berusaha lebih keras.


Jika anda hanya bisa menguasai Adobe Photoshop saya anjurkan tetap pada aplikasi yang anda kuasai. Lebih baik kuasai dan terus pelajari hingga anda mahir dalam aplikasi tersebut daripada harus belajar aplikasi lain dari awal lagi. Tetapi sebenarnya tool yang disediakan dalam semua aplikasi hampir sama, yang membedakan hanya penggunaannya. Baiklah, berikut tips membuat vector di photoshop untuk kalian

1. Penggunaan Pen Tool

Yang pertama dan utama yaitu anda harus paham dengan penggunaan Pen Tool. Ini sudah wajib bagi seorang desainer grafis karena mengingat fungsinya yang paling dominan digunakan pada hampir semua jenis teknik desain terutama vector. Lalu apa fungsi dari tool tersebut? Fungsinya yaitu untuk menggambar path sudut ataupun lengkungan. Sehingga cocok digunakan untuk membuat shape pada objek yang memiliki lengkungan seperti objek manusia, hewan, dan sebagainya. Selain itu, tool ini juga dapat digunakan untuk menyeleksi objek juga. Jika anda sudah mahir dalam menggunakan Pen Tool maka itu menjadi satu langkah maju dan modal berharga anda. Namun bagi anda yang belum mahir jangan putus asa, terus mencoba. Menurut saya tool ini sangat mudah cara penggunaannya jadi mungkin tidak akan butuh waktu lama untuk belajar.
sumber : flushdesign

2. Teknik Masking

Teknik ini cukup sederhana namun banyak digunakan pada hampir semua jenis desain. Fungsinya untuk menyembunyikan sebagian atau keseluruhan gambar pada salah satu layer maupun beberapa layer. Berbeda dengan erase atau cutting yang menghilangkan bagian dari foto, teknik masking ini hanya menyembunyikan saja. Jadi kita dapat memunculkannya kembali seperti semula saat diinginkan.
sumber : flushdesign

3. Shading (Pemilihan Warna Gelap Terang)

Shading adalah penentuan atau pemilihan warna gelap terang pada objek gambar. Bisa dikatakan hampir sama dengan gradient. Teknik ini juga sangat penting untuk membuat objek vector menjadi lebih terlihat nyata atau hidup. Pada gambar vector yang paling susah menentukan warna gelap terang yaitu pada bagian rambut, karena memang strukturnya yang sangat kecil tiap helai rambut sehingga harus bersabar pada bagian ini. Biasanya proses shading sendiri dimulai dari warna paling gelap hingga paling terang. Namun harus memberikan warna dasar terlebih dahulu yang berguna sebagai acuan.
sumber : flushdesign

4. Coloring (Penggunaan Warna)

Sebenarnya coloring ini saya yakin bagi anda yang hobi melukis ataupun menggambar pasti sudah paham dalam hal tersebut. Namun akan saya jelaskan sedikit tentang coloring. Coloring yaitu penggunaan warna yang pada objek gambar. Bisa dibilang hal ini juga menentukan kekuatan dan keselarasan warna gambar. Jika anda salah dalam penggunaan warna maka nilai dari gambar anda akan kurang. Oleh karena itu, anda harus tepat dalam penggunaan warna contohnya warna bola mata, bibir, rambut, kulit, dan sebagainya. Mungkin jika dirasa masih bingung memilih warna, anda dapat mencari referensi terlebih dahulu tentang palete warna dari google.
sumber : flushdesign


Demikianlah tips membuat vector di photoshop dari saya. Untuk membuat vector yang bernilai pasti dibutuhkan ketelitian dan kesabaran. Jika pertama kali anda membuat vector namun hasilnya tidak memuaskan jangan putus asa, teruslah mencoba dan tetap berkarya. Dengan anda melakukan hal tersebut secara bertahap dan didasari dengan rasa senang maka saya yakin pasti tidak butuh waktu lama untuk anda membuat vector yang bernilai tinggi. Sekian dan terimakasih.


Keyword : desain grafis , kursus desain grafis , jasa desain grafis , grafis , jasa desain , belajar desain grafis , desain logo , kursus photoshop , desain gambar , sekolah desain grafis , kuliah desain grafis , belajar desain , jasa desain grafis murah , desain grafis online , kursus desain , kursus design , jasa desain grafis online , web design jakarta , belajar web design , kursus desain grafis online , jasa desain logo , software desain grafis , desain grafik , jurusan desain grafis , harga jasa desain grafis , pelatihan desain grafis , design gambar , tempat kursus desain grafis , program desain grafis , kursus desain grafis murah , desain grafis photoshop , les desain grafis , belajar design , harga desain logo , kuliah jurusan desain grafis , grafis design , desain web , www desain grafis com , jasa desain online , gambar desain grafis , web desain baju , desain logo online , web desain , modul desain grafis , kursus online desain grafis , universitas jurusan desain grafis , biaya kursus desain grafis , kursus web design , desain photoshop , belajar desain web , desain graphic , freelance desain grafis , belajar desain grafis untuk pemula , fakultas desain grafis , kursus designer , web design indonesia , pekerjaan desain grafis , grafik desain , universitas desain grafis , jasa desain web , kursus photoshop online , artikel desain grafis , jual desain logo , jasa desain gambar , pelatihan desain grafis gratis , tarif desain logo , belajar desain grafis photoshop , jasa desain website , belajar web desain , design graphic , seni desain grafis , kursus desain grafis online gratis , harga desain grafis , graphic design jakarta , grafis desain , desain gambar online , situs desain grafis , logo desain grafis , kategori desain grafis , desain gratis , jasa desain kaos , photoshop desain , kuliah desain grafis online , biaya kursus photoshop , web desain grafis , peluang kerja desain grafis , kerja desain grafis online , komputer desain grafis , kursus web desain , kuliah desain grafis murah , belajar desain grafis online , tarif desain grafis , jurusan kuliah desain grafis , beasiswa desain grafis , kerja desain grafis , prospek kerja desain grafis , desain grafis online gratis , kampus desain grafis , desain logo gratis

0 Response to "Tips Membuat Vector di Photoshop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel