Pemahaman Array(Kasus : Memilih Hobby Lebih dari satu)



Ass.wr,wb

Kali ini Belajar di Perantauan akan berbagi informasi tentang penggunaan array, tentunya teman-teman kalo kuliah bagi TI (Teknik Informatika) pasti akan menemukan kasus seperti ini dong, dan saya sekarang udah semester 5 jurusan teknik informatika menurut saya penting bagi kita untuk memahami array ini.

Sama seperti halnya variable, array juga berguna untuk menyimpan data sementara, namun array mampu menyimpan dara lebih dari satu. Misalnya data dalam variable akan di tulis seperti ini :

$nama = "Ardi";
$nama = "Yandi";
$nama = "Juhendra";
$nama = "Wawan";
$nama = "Ifin";

Menurut teman-teman, ketika data variable nama di tampilkan, nama siapa yang akan tampil? Ya, hanya satu saja, yaitu variable terakhir yang berisi data "Ifin", karena satu variable hanya bisa menyimpan satu data. Bagaimana caranya agar semua data dalam variable tersebut bisa ditampilkan semua? Disinilah fungsinya Array. Perhatikan contoh berikut :
Perhatikan kan ya , serius amat ni hehe ;)

Sript array.php

<?php

//memberi nama array serta isi datanya

$nama = $array = array("Ardi","Yandi","Juhenra","Wawan","Ifin");

//menampilkan semua isi data array

echo "$nama[0] <br>";
echo "$nama[1] <br>";
echo "$nama[2] <br>";
echo "$nama[3] <br>";
echo "$nama[4] ";

 ?>

Maka hasilnya akan seperti ini :

Logika Array:

  • Kalo teman-teman perhatikan pada script array.php, dimana untuk menampilkan data array di perlukan penyebutan nomor indeksnya, misalnya "Yandi" nomor indeksnya 2, maka kode untuk menampilkan nya$nama[2].
  • Nomor indeks dimulai dari angka 0, jadi data array yang pertamaArdi adalah $nama[0].
Na bagaimana teman-teman udah nerti blom , udah aja ya hehe, semoga bermamfaat saya cuman mau berbagi ilmu yang saya tau, kalo ada kata-kata yang salah di maafin yaa ;)

0 Response to "Pemahaman Array(Kasus : Memilih Hobby Lebih dari satu)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel