Pengertian tentang HTML, XHTML


Assalamulalikum wr.wb

Selamat pagi sahabat blogger bagaimana keadaan , tentunya saya harap semuanya dalam keadaan sehat walafita, dan yang lagi kurang sehat saya doakan cepat sembuh ya ;). terima kasih karna sudah berkunjung di Blog saya.

Belajar di perantauan

Kali ini penulis akan memshare tentang apa pengertian HTMLXHTML dan XML , pastinya bagi anak IT sudah tidak asing lagi kan dengan kata-kata di atas, kita sering mempelajari tentang HTML dan lainya, tapi apakah ketika kita di tanya sama seseorang atau adek tingkat tentang HTML itu pengertiannya apa ya kk ??? Na apa yang akan kita jelaskan tentang HTML. Bingung !!! mau jelasing secara singkat pada dan jelas , maklum ini pengalaman penulis ketika di tanya sama adek tingkat di UKM hehe ;).

1. SEKILAS TENTANG HTML


HTML ( Hypertext Markup Languange ) adalah suatu bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman WEB. HTML itu bahasa yang fleksibel karena tidak tergantung pada platform ( sistem operasi ) tertentu. Jadi HTML bisa dibaca paltform Windonws, Mac OS maupun Linux. HTML hadir di jagat raya sejak tahun 1990-an, pengembangannya HTML sendiri merupakan ide dari tim Berner Lee. HTML terdiri dari tag-tag yang mendefenisikan elemen tertentu pada sebuhah halaman web.

HTML sendiri merupakan bahasa yang tidak case-sensitive tidak seperti bahasa pemograman server-side, seperti PHP dan ASP. Contohnya untuk menebalkan dokumen teman-teman bisa menggunakan tag atau dengan tag , HTML dalam hal ini bisa di maklumi.

HTML merupakan pengembangan dari standart pemformatan dokumen text, yaitu SGML ( Standart Generallized Markup Languange). baca juga ni ya KODE HTML PERTAMA DI DUNIA

2. SEKILAS TENTANG XHTML

Kalau teman-teman mengenal HTML jangan sampai lupa untukmengenanl XHTML, XHTML atau Extensible Hipertext Markup Languange adalah bahasa yan baru di kembangkan oleh word wide web consortium (w3c). Sebenarnya XHTML merupakan gabungan XML dan HTML.

Tujuan di bentuknya XHTML adalah menggantikan kedudukan HTML, kehadirannya (XHTML) bukan hanya semata-mata mengganti kedudukan HTML, tetapi diharapkan adanya standart dalam mendesain WEB. XHTML akan menetapkan aturan-aturan baru dalam pemformatan duokumen yang dulu masih dimaklumi HTML. Jadi dokumen XHTML tidak bisa di talmpilkan dengan baik apabila peranturan di XHTML dilanggar.

Kategori XHTML :

  



  • Strict-strict doctype declaration : Penggunaan doctype ini. teman-teman mengontrol seluruh layout dan format sebuah halaman web melaluli CSS, tidak menggunakan tag font dan table ( deprecated). Presentasi harus benar-benar dipisahkan.



  • Transitional/transitional doctype declaratioan : Teman-teman dapat menggunakan sebagian tag HTML seperti background color, Font, Table untuk layouting halaman web.



  • Frames/frameset declaration : Mendukung pengunaan frame pada halaman Web.

  • Nah itulah kira-kira yang dapa penulis bagikan pada pagi hari in , selamat beraktivitas yang kawa-kawan, semoga lancar OK. Semoga bermamfaat, seilahkan di share !!! 

    0 Response to "Pengertian tentang HTML, XHTML"

    Post a Comment

    Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel