PENGERTIAN WEBSITE DAN BAHASA PEMOGRAMAN WEBSITE


Assalamualaikum wr.wb

Selamat sore teman-teman blogger, udah beberapa hari gak update , karna ada urusan , dan hari ini tentunya saya ingin sekali untuk berbagi bersama-sama teman-teman blogger di sini, kali ini kita akan membahas tentang Apa sich pengertian Website ?, Apa saja bahasa pemograman Website ?.

Pastinya teman-teman pernah mendapat pertanyaan seperti ini , entah itu pertanyaan dari Dosen, orang tua, teman-teman dan lain-lain. Lalu apakah teman-teman langsung spontan menjawabnya !!!.Gak kan ? pasti BrowsingDulu !! sebagian orang sich, tapi kalo kita kuliah di jurusan komputer dan kita belajar tentang cara pembuatan website tapi pas kita di tanya apa pegertian website kita bingung , dan termasuk saya dulunya hehe ??

Banyak orang yang beranggapan website sama dengan internet. Padahal, website dan internet adalah hal yang berbeda. Website atau disingkat Web, dapat diartikan sekumpulan halaman yang terdiri atas beberapa laman yang berisikan informasi dalam bentuk data digital, baik berupa teks, gambar, video, audio, dan animasi lainya yang di sediakan melalui jalur koneksi internet. Lebih jelasnya website merupakan halaman-halaman yang berisi informasi yang di tampilkan di browser, seperti Mozila Firefox, Google Chrome, atau yang lainya, sedangkan internet adalah jaringan yang digunakan untuk mengirim informasi pada website.

Bahasa Pemograman Website:

Bahasa pemograman website merupakan bahasa yang dapat dipahami oleh komputer. Ada banyak bahasa pemograman yang memiliki fungsi berbeda-beda, di antaranya bahasa pemograman untuk membuat aplikasi Dekstop, membuat game, membuat aplikasi web, membuat aplikasi handphone, dan sebagainya.

Dalam membangun website, ada banyak jenis bahasa pemograman yang dapat digunakan, kita akan membahas 4 macam bahasa pemograman yang mempunyai peran sendiri-sendiri dalam membangun sebuah website. Keempat bahasa pemograman tersebut ,yaitu HTML,CSS,JavaScript dan PHP.

1.      HTML
HTML, singkatan dari Hyper Text Markupr Languange, yaitu script yang berupa tag-tag untuk membuat dan mengatur website. Beberapa tugas utama HTML dalam membangun website, diantaranya sebagai berikut :
         Menentukan layout website.
         Memformat tesk dasa, seperti pengaturan paragraf dan format font.


         Membuat list.
         Membuat tabel.
         Menyisipkan gambar, video dan audio.
         Membuat link.
         Membuat formulir

2.      CSS
CSS singkatan dari Cascading Style Sheets, yaitu script yang digunakan untuk mengatur desain website. Walaupun HTML mempunyai kemampuan untuk mengatur tampilan website, namun kemampuannya sangat terbatas. Fungsi CSS adalah memberikan pengaturan yang lebih lengkap agar struktur website yang di buat dengan HTML terlihat lebih rapi dan elegan.

3.      PHP
PHP singkatan dari Hypertext Preprocessor yang merupakan server-side programing, yaitu bahasa pemograman yang di proses di sisi server. Fungsi utama PHP dalam membangun websie adalah untuk melakukan pengolahan data pada database. Data website akan di masukkan ke database, diedit, dihapus dan ditampilkan pada website yang di atur oleh PHP.

4.      Javascript
Berbeda dengan PHP yang di proses di sis server, javascript di proses pada komputer client, membuat javascript lebih interaktif dibanding php. Peran javascript dalam membuat website adalah memberikan efek animasi yang menarik dan interaktivitas dalam penanganan event yang dilakukan oleh pengguna website.
Nah bagaimana teman-teman blogger, sudah paham kan apa yang di maksud denga website, mudah-mudahan bermamfaat , kalo dalam penulisan ini ada yang salah saya mohon maaf, silahkan di share !!! 

0 Response to "PENGERTIAN WEBSITE DAN BAHASA PEMOGRAMAN WEBSITE"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel