KUNCI MEMULAI USAHA



Asalamualaikum wr.wb

Selamat pagi teman-teman blogger , masih pada ON kan hehe, Kali ini Belajar di perantauan akan mengulas tentang kunci memulai usaha . Tentunya kalo kita mau membuat suatu usaha kita harus punya kuncinya dulu donk ??

Jadi kunci memulai usaha adalah gagasan bisnis! Mewujudkan gagasan bisnis setelah mendapatkan gagasan bisnis dan memulai bisnis, lakukan langkah sebagai berikut:



1.      Lakukan Pengalamatan dan Pngalaman Mengenai Seluk-Beluk Bisnis tersebut.
Sebelum mewujudkan gagasan bisnis, pelajari seluk-beluk bisnis tersebut. Baik atau tidak? Bagaimana proses produksinya secara efisien ? Dari mana kita membeli bahan bajunya? Dimana kita akan memasarkan dan menjualnya? Bagaimana pola pemasarannya dan pejualannya? Cara terbaik adalah mengamati pengusaha sukses yang bergerak di bidang yang sama. Bila bisnis kita benar-benar baru. Paling tidak mempelajari bagaimana para pengusaha yang sukses menjalankan bisnis mereka. Terakhir kenali juga resikonya. Siapkan mental kita dalam resiko tersebut? Salah astu ciri pengusaha calon sukses adalah berani mengambil resiko sepanjang resiko itu, sudah di perhitungkan. Berani mengambil resiko yang telah di perhitungkan merupakan kunci awal di dalam dunia usaha.

2.      Lakukan Uji Coba dengan Cara Tes Pasar
Mamfaat uji coba pasar adalah mendapatkan umpan balik terhadap calon konsumen mengenai produk yang kita tawari. Misalkan kita mebuat kue. Sebelum di jual , cobalah berikan secara gratisan kepada tetangga dan lingkungan sekitar. Tentunya dengan jumlah yang terbatas, sesuai denga kemampuan kita. Mintalah pendapat dari tetanggaatau lingkungan sekitarmengenai produk yang kita buat tersebut, enakkah , kurang manis atau kurang bagus bentuknya? Jadikan kritikan dan saran sebagai masukan berhargauntuk melakukan perbaikan sedikit demi sedikit, sehingga produk kita benar-benar siap di luncurkan dengan skala yang lebih besar.

3.      Susunlah Rencana Usaha
Perncanaan bisa mencakup antara lain penetapan nama produk, pacpaging product, proses produksi, jalur distribusi yang dipilih , modal tambahan yang di perlukan , orang-orang yang akan di ajak bekerja sama, baik sebagai penanammodal, pegawai ataupun penyalur produk. Juga memikirkan strategi pemasaran yang akan di jalankan misalnya dengan selebaran , brosur, katalog, website atau iklan media dsb. Umumnya , dalam usaha kecil lokasi pemasaran atau tempat outletyang strategis menjadi salah satu kunci sukses usaha. Perlu kejelian dan keberanian tersendiri dalam mendapatkan tempat pemasaran yang strategis dengan modal terbatas. Cara paling mudah adalah bekerjasa sama dengan pemilik tempat melalui sistem bagi hasil atau bagi keuntungan.

4.      MulailahSaat Ini
Sebuah gagasan bisnis akan tetap menjadi sebuah gagasan jika tidak ada tindakan untuk mewujudkan nya. Dengan memulainya , Kita bisa mendapatkan pengalaman dan pelajaran berharga yang bisa digunakan untuk usaha yang sistematis, Jika mental sudah siap mulailah saat iniwalau mungkin kita masih memiliki beberapa keterbatasan dan kendala yang ada.

5.      Hadapi dan Atasi atau Kegagalan
Berdasrkan pengalaman. Mungkin tidak ada sorang pun parawisata yang berhasil tidak mengalami hambatan atau bahkan kegagaln dalam perjalanan bisnis mereka,Sebaiknya kita memiliki sikap positif. Apa yang terjadi adalah yang terbaik untuk kita. Mengapa ? Karena, Itu adalah janji tuhan. Hambatan dan kegagalan merupakan sebuah pelajaran yang harus kita ambil hikmahnya. Tanpa kita sadari itu akan menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita dalam berwira usaha, Setiap usaha selalu mempunyai resiko dan bila itu sampai terjadi , bersiaplah dan hadapilah dengan kepala dingin.

6.      Jenis Usaha
Jenis usaha yang cocol bagi pemodal kecil atau bahkan tanpa modal adalah : Memasarkan produk atau jasa orang lain. Sebaiknya produk atau jasa yang banyak di butuhkan orang atau produk spesifik yang langka namun sesungguhnya terdapat pasar yang cukup luas.


Jangan berkecil hati memulai bisnis denga modal kecil atau bahkan tanoa modal. Selalu ada jalan lain menuju Roma. Bagitu kata sebuah kata pepatah. Sepanjang kita mau berusaha, denga izin tuhan yakinlah bahwa usaha kita akan menjadi kenyataan.

Na bagaimana teman-teman , luruskan lagi niat nya buat usaha ya , supaya samapi matang hehe kaya nasi aja di tunggu samapi matang ;)

BACA JUGA NI 
                  7 LANGKAH MEMULAI USAHA

0 Response to "KUNCI MEMULAI USAHA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel