Tips dan Trik Bermain Catur

(Sumber: https://www.satujam.com/wp-content/uploads/2017/01/teknik-bermain-catur.jpg)

Catur merupakan permainan mengasah otak yang dimainkan oleh 2 orang pemain yang saling berhadapan.
Setiap pemain mempunyai 16 buah biji tentara catur, yang terdiri dari 1 buah raja, 1 buah ratu, 2 buah benteng, 2 buah menteri, 2 buah kuda dan 8 buah pion.
        Permainan ini memerlukan strategi yang matang untuk bisa mengalahkan lawannya dengan cepat dan tepat
.Dalam permainan catur, setiap langkahnya menjadi hal yang perlu diperhatikan dengan cermat. Karena jika sampai salah langkah maka akan menjadi fatal akibatnya.
Maka dari itu diperlukan teknik cara bermain catur secara cepat dan tepat dalam bermain catur agar dapat memenangkan permainan catur dengan cepat mematikan lawan
      

 Sayangnya, mematikan lawan tak semudah yang dibayangkan dan oleh karena itu, menyusun strategi yang matang dan tak begitu umum menjadi kunci dari kemenangan di dalam permainan catur.
Ada beberapa tips, dan trik cara bermain catur secara cepat yang perlu anda perhatikan dan bisa anda praktikkan saat bermain catur, sehingga anda bisa memenangkan permainan catur dengan lebih cepat. Diantaranya yaitu:

1. Perhatikan waktu. Dalam permainan catur, waktu sangat penting. Jadi kalian jangan menya-nyiakan waktu berpikir kalian tapi juga jangan terburu-buru. Rencanakan semua langkah kalian agar tidak sia-sia !
2. Bermainlah dengan tenang dan bersikaplah seperti pemain profesional. Karena hal itu bisa membuat lawan anda menjadi minder.
3. Pembukaan. Awali permainan dengan langkah yang tepat sehingga rencana yang sudah kalian buat tidak menjadi sia-sia. Jangan sampai salah langkah pada saat pembukaan, karena bisa berakibat fatal.
4. Posisi pion diusahakan agar tetap terhubung satu sama lain, pion jangan sampai dibiarkan dalam posisi yang bebas.
5. Menghindari Penumpukan Pemain Bidak. Ketika bermain catur, penting untuk juga menghindari penumpukan pemain bidak. Intinya, jangan sampai seluruh prajurit kemudian ada dalam bidak dan kemudian malah tak ada jarak karena saking berdekatan.
5. Hindari men-skak raja dengan cepat. Tunggu momen yang benar � benar tepat untuk skak.
6. Gunakan strategi yang sulit dipahami oleh lawan saat permainan berlangsung
7. Jika dalam posisi tertekan oleh lawan, tidak masalah merelakan salah satu tentara kamu untuk mendapatkan tentara lawan yang lebih tinggi jabatanya.
8. Setiap nyawa dalam catur sangat berharga. Maka dari itu usahakan untuk tidak mengorbankan bidak anda.
9. Saat lawan menggerakkan sebuah pion; periksa apakah pion milikmu yang lain berada dalam bahaya

10. Periksa langkah dua kali, sebelum kamu menggerakkan bidak periksa lagi daerah itu apakah sudah benar atau tidak. Bisa-bisa hanya menjadi langkah yang percuma
11. Cara terbaik untuk belajar dan meningkatkan kemampuan adalah dengan bermain, baik melawan orang lain atau dengan komputer.
Nah, itulah beberapa tips & trik yang bisa aku berikan kali ini. Kuncinya adalah kalian harus banyak berlatih agar bisa mahir bermain catur
Jika ada yang mau memberika komentar/ menambahkan, silahkan tulis aja di kolom komentar.

0 Response to "Tips dan Trik Bermain Catur"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel