Cara Membuat Partisi Baru di Windows 7/8/10 Tanpa Format Hardisk


Cara Membuat Partisi Baru di Windows 7/8/10 Tanpa Format Hardisk - Halo guys, pada postingan kali ini saya ingin membagikan tutorial untuk membuat sebuah partisi baru di windows tanpa harus format hardisk kalian dan juga tanpa software tambahan lagi. Cara ini cukup mudah bagi kamu yang tidak ingin kehilangan data pada hardisk saat ingin menambah partisi.

Mungkin diantara kalian ada yang ingin menggunakan dual boot OS namun tidak memiliki partisi lain yang kosong untuk tempat instalasinya . Dengan cara ini sobat bisa membuat partisi baru di dalam hardisk tanpa format dan sangat mudah untuk di praktikkan oleh kalian semua, cara ini sudah pernah saya lakukan di windows 7, windows 8, maupun windows 10.

Baiklah jika kamu berminat untuk menggunakan cara ini di PC yuk simak langkah-langkah yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Cara Membuat Partisi Baru
  • Petama buka explorer. file explorer yaitu aplikasi bawaan windows yang biasa digunakan untuk mengekplorasi file yang ada di dalam hardisk.
  • Klik kanan pada My computer atau This PC jika di windows 10, pilih Manage
  • Kemudian akan muncul jendela Computer Management yang memiliki berbagai menu untuk me-manage kondisi PC. disini kamu klik pada Disk Management. Disana akan tampil informasi tentang partisi di Hardisk kamu.
  • Klik kanan pada partisi mana yang akan anda bagi kapasitasnya untuk partisi yang akan anda ciptakanan nantinya, klik Shrink Volume untuk mulai membagi kapasitas partisi.
  • Masukkan nilai kapasitas dari partisi yang nanti ingin kamu buat. Disini pastikan kapasitas partisi cukup untuk di bagi dengan partisi baru yang akan dibuat
  • Kemudian akan muncul volume baru tapi masih bertipe Unallocated yang berarti belum di alokasi atau belum bisa digunakan untuk menyimpan data.
  • Silahkan klik kanan pada Unallocated volume yang muncul tadi dan pilih New Simple Volume. disana akan muncul jendela wizard baru untuk membuat volume baru, masukkan jumlah kapasitas volume yang akan digunakan. Sebaiknya gunakan semuanya.
  • Tentukan Letter yang akan kita gunakan pada partisi baru . Letter ini digunakan untuk menandai setiap partisi yang ada pada hardisk.
  • Kemudian kalian harus menentukan nama dan file system untuk partisi baru. Sebaiknya file system yang digunakan adalah NTFS.
  • Lalu klik saja Finish maka partisi baru akan muncul dan mulai bisa digunakan. Dengan demikian sudah membuat partisi baru tanpa harus memformat hardisk dan hanya menggunakan fitur bawaan  windows saja.



Nah begitulah tutorial yang bisa saya bagikan pada postingan kali ini. Semoga dengan tutorial ini kamu tidak perlu lagi melakukan format hardisk dan kehilangan data hanya untuk membuat sebuah partisi baru di hardisk. Terimakasih

0 Response to "Cara Membuat Partisi Baru di Windows 7/8/10 Tanpa Format Hardisk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel