Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Komputer atau Laptop


Cara Mudah Menambah Kapasitas Ram Komputer atau Laptop - Halo guys, kali ini saya akan membahas cara mudah menambah kapasitas ram pada laptop atau komputer, mungkin dengan cara ini bisa sedikit mendongkrak kinerja pada komputer atau laptop kita, nah sebelum itu saya akan sedikit menjelaskan tentang RAM.

Apa itu RAM ?

RAM (Random Access Memory) adalah perangkat dalam sebuah komputer atau gadget yang dapat mengakses memori secara acak dengan cepat. Terkadang RAM juga disebut sebagai memori utama dalam sebuah perangkat.

Kemampuan RAM untuk mengakses data secara acak membuatnya lebih cepat menampilkan data. Selain itu RAM juga dapat menyimpan data sementara pada perangkat saat perangkat tersebut menyala dan data belum sempat disimpan pada harddisk. Dapat dikatakan bahwa RAM adalah perangkat memori yang paling cepat dalam suatu komputer dibandingkan dengan jenis perangkat memori lain seperti HDD atau Hard Disk Drive dan SSD atau Solid State Drive.

Apa fungsi RAM ?
Sebuah perangkat tentunya memiliki fungsi dalam sebuah gadget, begitu juga dengan RAM. Fungsi utama RAM antara lain:

1. Membaca Data
Data yang tersimpan dalam harddisk biasanya akan lebih lama ditampilkan karena bisa dikatakan harddisk adalah perangkat memori yang bekerja dengan lamban.

Hal ini dikarenakan dalam harddisk tersimpan banyak data dan diperlukan waktu untuk menemukannya terutama jika data mengalami fragmentasi. Untuk mengurangi kelambatan dalam sebuah proses pemanggilan data, setelah suatu file atau data pertama kali dibuka, data akan dibaca dan disimpan dalam RAM secara sementara sehingga data tersebut akan lebih cepat diakses saat program masih berjalan dan komputer belum dimatikan.

2. Penyimpanan Sementara
Selain membaca data, RAM juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara saat suatu program sedang dijalankan.

Okelah daripada kepanjangan langsung saja simak langkah-langkah yang akan saya berikan dibawah ini

Cara menambah kapasitas RAM komputer atau laptop
  • Buka jendela windows explorer. Windows explorer ini sendiri adalah program yang biasanya gunakan untuk mengeksplorasi hardisk atau file file.
  • Klik kanan pada This PC. Jika di windows 7 tulisannya adalah My Computer. Silahkan klik Properties.
  • Akan muncul jendela System Properties. Silahkan klik Advanced System Setting.
  • Pergi ke tab Advanced. Pada menu Performance yaitu yang berada paling atas sendiri, klik Setting.
  • Silahkan masuk ke tab Advanced lagi lalu di bawah akan ada menu tentang VRAM yang tadi saya maksud untuk membantu RAM Komputer. Klik Change untuk mengubah kapasitas VRAM yang akan digunakan. 
  • Centang pada bagian Custom size, lalu di Initial size masukkan kapasitas yang akan di gunakan untuk VRAM. Saran saya gunakan kapasitas sebanyak dua kali lipat kapasitas RAM, misal jika RAM 2GB maka masukkan jumlah kapasitas 4GB atau 4000. Untuk Maximum sized gunakan saja kelipatan dari Initial size. Lalu silahkan Klik Set dan OK.
  • Terakhir yang harus lakukan adalah Restart Komputer atau Laptop. Dan silahkan rasakan Perbedaannya.
Nah itulah cara menambah kapasitas RAM pada komputer atau laptop, semoga artikel ini dapat memberikan manfaat, tetap kunjungi blog. Terimakasih

0 Response to "Cara Mudah Menambah Kapasitas RAM Komputer atau Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel