Tutorial Membuat objek dan Rigging pada Blender || RIAN MUSTAUFA



TUTORIAL MEMBUAT OBJEK DAN RINGGING PADA BLENDER



1.       Pastikan anda sudah memiliki aplikasi blender pada laptop atau Pc anda.


2.       Klik kiri dua kali untuk dapat masuk ke blender.

3.       Kita tambahkan objek dengan mengklik kiri menu add.

4.       Kemudian kita pilih add mesh dan pilih UV sphere.

5.       Kita akan jadikan ini sebagai kepala objek. Kemudian atur ukurannya.

6.       Scale objek untuk mendapat ukuran yang kita ingin.


7.       Kita tambahkan objek lagi pada add menu pilih mesh dan cube, ini untuk bagian badannya.

8.       Passkan posisinya dengan menekan 7 lalu geser.

9.       Maka akan menjadi seperti ini.


10.   Kita bagi objek menjadi beberapa bagian dengan menakan CTRL + R.



11.   Buat juga kotak dibagian kiri dan kanan objek kotak.

12.   Berikutnya kita buat bagian tangannya dengan menekan shortcut E untuk memanjangkan lalu Scale dengan S untuk menyesuaikan ukurannya.


Kurang lebih seperti ini

13.   Lakukan hal yang sama untuk tangan yang satunya.


14.   Langkah berikutnya kita buat kakinya, yaitu dengan membagi objek secara vertical di bagian depan. Dengan menekan CTRL + R.

15.   Kita panjangkan objek dengan melakukan extrude (CTRL + E) dan scale dengan S.


16.   Lanjutkan hingga membentuk kaki secara sempurna, dengan Extrude dan Scale.

Kurang lebih seperti ini.
17.   Lakukan hal yang sama untuk kaki selanjutnya.

18.   Akhirnya badan dari objek pun sudah jadi.


19.   Kita masuk pada penulangan atau pemberian tulang pada objek, yaitu dengan menambahkan bone (tulang) pada menu add di objek mode.

20.   Jika sudah akan tampak seperti ini.

21.   Agar bone mudah kita atur saat didalam objek kita klik pegaturan, armature, lalu pilih X-ray, agar bone dapat terlihat.

22.   Kita atur bone agar mengikuti seluruh bagian tubuh layaknya tulang manusia. Dengan cara  kita Extrude.


23.   Jika semua bagian telah di beri tulang, maka kita tinggal menggerakkannya.
24.   Caranya pada pose mode , kita klik badannya tekan shift lalu tulangnya.



25.   Selanjutnya, kita klik CTRL + P dan pilih With Automatic Weights.




26.   Untuk mencoba apakah objek sudah bisa di gerakkan kita klik bone pada pose mode, lalu klik R dan gerakkan objeknya.

27.   Sekian dan terima kasih.
Mungkin itu sedikit ilmu yang dapat kami sampaikan semoga teman-teman semua berkenan untuk melihat dan koment di blog kami.........


0 Response to "Tutorial Membuat objek dan Rigging pada Blender || RIAN MUSTAUFA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel